Melihat lebih dekat yamaha Super Tenere

14 06 2011

Image Hosted by ImageShack.us

JAKARTA. – Hampir di setiap pameran besar, motor petualang Yamaha XT1200Z Seper Tenere selalu hadir sebagai salah satu ikon motor penjelajah Yamaha. Kini Super Tenere kembali hadir di gelaran Pekan Raya Jakarta di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Kehadirannya cukup menyita perhatian pengunjung booth Yamaha karena desainnya yang kekar dan besar dan sporti.

Nama Tenere sendiri seungguhnya telah hadir sejak tahun 1983, yang dulu dikenal dengan Yamaha XT600Z Tenere (34L).

Yamaha XT600Z didisain karena terinspirasi dari ajang balapan Paris Dakar yang waktu itu sebagai campange untuk Cyril Neveu dan Yamaha Motor France pada 1979 and 1980. Pada dasarnya Yamaha XT550 telah didesain dengan mesin yang sudah overbore dan bodi yang besar. Motor bergaya rally yang kental dengan tangki berkapasitas 30 liter dan nuansa balap yang ada pada tubuh XT600Z, menjadikannya sebagai best seller di eranya, khususnya di Perancis.

Yamaha XT1200Z Seper Tenere diproyeksikan sebagai pesaing serius di segmen motor sport petualang. Beberapa teknologi pendukung yang memberikan kenyamanan dan kemampuan berpetualang dibenamkan dalam sosok XT1200Z Super Tenere ini.

Beberapa fitur teknologi yang ada seperti 3 tingkatan model traction control dan super smart braking system. Yamaha mengklaim bahwa motor penjelajah gurun ini tak ubahnya sebuah mobil SUV yang mampu dan memberikan kenyamanan tinggi di medan off road dan on road.

Kini Yamaha benar-benar telah menarik selubung XT1200Z Seper Tenere yang sangat dinanti sebagai model di 2010. Kehadiran Super Tenere seolah membawa kembali masa kejayaan Yamaha di ajang Dakar Adventure pada tahun 80-an hingga tahun 90-an.

Super Tenere dibekali dengan mesin baru 4-stroke, DOHC, inline 2-cylinder, 4-valve, fuel injected, twin spark. Mesin ini mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga 80.9kW / 110PS pada 7250 rpm dan torsi maksimum hingga 114.1 Nm / 11. 6kgf・m pada 6000 rpm. Melihat torsi yang dihasilkan dari mesin ini, jelaslah sudah bahwa sang petualang Yamaha telah kembali.

Sistem pengontrol throttle dengan sistem YCC-T fly-by-wire sama seperti yang diterapkan pada R1, R6 dan V-MAX. Namun untuk Super Tenere ini Yamaha menambahkan bonus teknologi 3 tingkatan sistem traction control.

Sistem pengereman pada Super Tenere terdengar sangat baik. ABS yang diteparkan sangat efektif sebagai fitur keamanan di jalan. Dan sebuah kombinasi sistem pengereman yang membantu mendistribusikan kontrol dan kenyamanan saat melakukan pengereman, terutama saat pengendara berdiri.

wah benar benar mantap dan harganya juga mantap karena karena harganya sebanding dengan harga mobil,……
Tunggangane wong gede…. wong cilik mung isone nonton nang PRJ,…he,…he…

Yamaha membuat sebuah ABS elektronik yang dikombinasikan dengan sistem pengereman menggunakan sensor kecepatan yang ditempatkan pada ban depan dan belakang.


Actions

Information

2 responses

14 06 2011
yudhistiraphoto

Keren motornya
Motor inceran ya Boss……

14 06 2011
one

Ya bro,…. kalo pake itu bisa ngesot ke lorenzo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: